Home » Tips & Trik » 5 Cara Mempercepat Komputer Agar Tidak Lemot

5 Cara Mempercepat Komputer Agar Tidak Lemot

Advertisements

cara mempercepat komputer agar tidak lemot

Pada kesempatan kali ini Meja Baca ingin sekali berbagi tips cara mempercepat komputer agar tidak lemot. Sebenarnya tips ini berguna sekali bagi anda yang mengalami masalah pada komputer anda seperti, komputer nge-lag, mudah nge-hang, loading lemot, terasa berat, dsb. Banyak sekali cara yang dapat kita lakukan untuk mengatasi komputer yang lemot. Silakan simak 10 cara mempercepat komputer dibawah ini agar komputer anda lebih cepat dan tidak lemot.

Uninstall Program yang tidak digunakan

Program yang terinstall pada komputer anda namun jarang anda gunakan, hal ini dapat mengganggu kinerja komputer. Terutama pada jenis program yang berfungsi menyimpan settingan pada registry. Kenapa? karena tiap komputer anda bekerja, registry windows pada komputer anda akan terload pada memory sehingga semakin besar ukuran file tersebut maka memory yang akan terbuang akan semakin tinggi.

Men-Defrag Hardisk

Solusi dengan cara mendefrag hardisk dapat meringankan kinerja komputer. Anda dapat mendefrag hardisk dengan mudah yaitu dengan cara masuk pada menu Properties – System Tools – Disk Defragment. Manfaat dari mendefrag hardisk ini adalah untuk menata lagi file-file dalam HDD sesuai letaknya.

Advertisements

Mematikan service yang tidak digunakan

Cara ini memerlukan sedikit pemahaman seputar komputer. Services adalah suatu program yang juga diload saat komputer menyala dan bekerja. Anda bisa melihatnya melalu control panel – Administrative Tools – Services. Jika komputer anda tidak pernah terhubung dengan jaringan koneksi internet, maka ada service yang harus anda non aktifkan seperti Windows Time, dll.

Jangan gunakan Skin Windows

Hal ini sangat berpengaruh sekali ketika komputer bekerja. Penggunaan skin-skin windows yang berlebihan akan dapat sangat membuat komputer anda bekerja secara lemot/lambat, kecuali jika komputer anda memiliki spesifikasi yang mampu untuk menjalankannya. Saran saya, gunakan saja Theme/Skin asli windows bawaan yang sudah tersetting.

Gunakan Antivirus

Virus merupakan salah satu momok yang dapat menyebabkan komputer anda berjalan dengan lambat. Oleh karena itu, gunakan antivirus untuk melindungi komputer anda dari Virus, Spyware atau sejenisnya. Banyak sekali pilihan antivirus yang dapat kita manfaatkan seperti, smadav, avira, NOD32, MSE, dll. Dan rajin-rajinlah anda untuk men-scan komputer anda.

Itu tadi adalah kelima cara untuk mempercepat komputer agar tidak lemot. Anda bisa menjajalnya satu persatu. Masih banyak lagi cara yang dapat anda gunakan untuk mempercepat kinerja komputer/PC anda. Itu tadi adalah sebagian, namun beberapa tips di atas sangatlah berpengaruh agar komputer yang anda gunakan tidak lemot dan nge-lag.

Advertisements

Tags:

cara agar komputer tidak lemot,cara agar laptop tidak lemot,agar komputer tidak lemot,cara membuat komputer tidak lemot,agar laptop tidak lemot,cara merawat laptop agar tidak lemot,cara setting komputer agar tidak lemot,yhs-fullyhosted_003,cara agar komputer tidak lag,cara mempercepat komputer yang lemot

commentscomments

  1. sudah tapi kok masih lag ajja.

  2. solusi yang lain donk.

  3. Hairil Prasetyo says:

    ia gans sama masih lageerr nihhh

  4. Razi Coveriorz Part II says:

    lag.

  5. Rochmat AL Karim says:

    ok

  6. ILham Saputra says:

    solusi terakhir instal ulang atau service tu pc.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Mejabaca.com berisi kumpulan artikel dan berita menarik seputar teknologi, sosial media, tips & trik dan berbagai macam informasi terbaru.

Baca juga Artikel Populer Iniclose